• 0821 4595 6878

30 Nov

Dalam dunia medis kita mengenal adanya obat herbal. Obat obatan yang datang dari bahan bahan alami tersebut banyak kita jumpai di sekitar kita. Dan tahukah anda ternyata Indonesia sangat kaya dengan bahan obat alami dan bahkan Dunia pengobatan Amerika dan Eropa banyak yang mengincar hasil bumi Indonesia yang memang banyak bisa digunakan sebagai bahan obat obatan alami yang tentu tanpa efek samping.
Sebagai salah satu pulau yang banyak menyimpan kekayaan warisan leluhur, Bali juga banyak ditemui para peracik obat tradisional yang mumpuni. Dari berbagai lontar ada sebuah lontar yang menjelaskan obat obatan tradisional yang ampuh yang berasal dari berbagai tumbuh tumbuhan, dari yang bisa kita temui di berbagai tempat sampai yang sangat jarang bahkan bisa dibilang sangat langka.
Dirangkum dari “Lontar Taru Pramana” di suratkan, bahwa seorang Mpu yang bernama Mpu Kuturan adalah seorang dukun sakti yang pernah hidup di zamannya. Dalam lontar itu Mpu Kuturan dikatakan belum pernah gagal dalam menangani orang sakit, bahkan sakit yang tergolong parah selalu berhasil beliau sembuhkan. Sampai suatu saat beliau sangat kecewa karena beberapa pasien yang beliau obati berakhir pada kematian. Lalu bersemadilah beliau di tengah kuburan angker, sampai akhirnya sabda pun datang memberitahukan kepada beliau bahwa telah datang beberapa pohon atau kayu untuk menjelaskan kegunaan masing masing.
Selanjutnya pohon Kepuh dengan rasa hormat mendatangi Mpu Kuturan dengan membungkuk penuh hormat. “Wahai Prabhu Mpu sepertinya sedang mengalami kesusahan, kalau boleh hamba tahu apa gerangan yang menyebabkan Mpu murung seperti ini,” tanya si pohon Kepuh.
Mpu kuturan menjelaskan panjang lebar situasi yang dialaminya kemudian pohon Kepuh memanggil satu persatu adik-adik nya.
“Adik-adik ku perkenalkan nama dan kegunaan kalian masing masing,” tulis lontar itu.
Pohon Kelor, selain memiliki karakter sejuk juga dingin. Daunnya yang sejuk dengan karakter akar yang panas akan bisa mengobati sakit mata. Caranya? Ambil daun Kelor dicampur dengan air jeruk nipis ditambah sedikit garam hitam kemudian disaring dan diendapkan lalu di teteskan pada mata. Dengan beberapa kali tetesan diyakini sakit mata merah yang diderita akan kembali normal.
Pohon Juwet, dalam lontar Taru Premana, pohon Juwet memiliki khasiat yang luar biasa. Pohon dengan buahnya hitam saat sedang matang itu ternyata ampuh untuk mengobati penderita sipilis yang kebanyakan diderita pria hidung belang. Caranya? Ambil kulit (babakan) pohon juwet, lalu ditumbuk dijadikan serbuk. Serbuk kulit pohon juwet lantas dicampur sedikit air lalu di oleskan pada kelamin pria yang mengalami sipilis. Dijamin dalam waktu sepekan sipilis yang diderita pada kelamin pria seketika akan berkurang.

Leave a Comment