• 0821 4595 6878

30 Nov

 

 

Pengobatan tradisional masih sangat diminati di sejumlah daerah di Indonesia, salah satunya adalah Bali. Pulau Dewata ini tak hanya menyimpan pemandangan dan adat budaya yang kental, tetapi juga ramuan ramuan tradisional kaya khasiat.

Ramuan Kamaratih menjadi salah satu ramuan tradisional yang cukup terkenal di Bali. Ramuan ini, berfungsi untuk menjaga kebugaran wanita karena menggunakan bahan-bahan yang kaya akan antioksidan.

Hal ini dikemukakan Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kesehatan Tradisional Dinas Kesehatan Provinsi Bali Iga Putri Mahadewi, M Kes.

“Ramuan Kamaratih itu salah satu yang terkenal di Bali, fungsinya itu untuk kebugaran wanita dan antioksidan,” tutur Mahadewi di kawasan Kintamani, Bangli, Bali.

Bahan-bahan untuk membuat ramuan tradisional ini adalah delapan hingga sepuluh bunga telang atau clitoria ternatea. Tak hanya berfungsi sebagai bunga hias, tumbuhan ini ternyata memiliki khasiat kesehatan.

Apalagi jika digabungkan dengan bahan-bahan lainnya seperti jeruk nipis. “Cara membuatnya, bunga telang dicuci di air mengalir, seduh bunga telang selama lima menit, kemudian tambahkan gula batu secukupnya,” jelas dia.

Setelah itu, tambahkan juga perasan jeruk nipis dan es batu, agar ramuan tradisional ini terasa segar. “Ramuan ini bisa diminum dua kali sehari, untuk kebugaran wanita.”

Leave a Comment