• 0821 4595 6878

30 Nov

 

Kelapa wulung merupakan kelapa muda yang memiliki warna hijau dengan serat bagian ujung berwarna merah muda agak keunguuan. Pohon kelapa wulung ini memiliki banyak khasiat dari mulai akar hingga ke pucuk daun yang seluruhnya bisa dipergunakan, akan tetapi untuk khasiat paling besarnya berada di bagian air buah kelapanya. Kelapa wulung sudah sejak lama dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Akan tetapi, tidak seperti jenis kelapa lain, kelapa wulung masih sangat sulit untuk dibudidayakan dan hama pohon kelapa atau wangwung sangat senang menyerang jenis pohon kelapa ini.

Air dari kelapa wulung ini terasa sedikit lebih pahit dibandingkan dengan air kelapa lainnya. Dalam buah kelapa wulung memiliki banyak nutrisi penting seperti sakarosa, glukosa, tanin, sukrosa mineral, asam amino, alanin, sistin, arginin, alin, pantotenat, biotin, riboflavin, fruktosa dan berbagai kandungan penting lain yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Berikut ini akan kami berikan ulasan lengkap mengenai manfaat kelapa wulung untuk kesehatan dan berbagai penyakit selengkapnya.

 

  1. Penawar Racun

Dalam air kelapa wulung memiliki kandungan tannin yang merupakan zat anti racun lebih tinggi dibandingkan dengan jenis buah kelapa lainnya. Tannin inilah yang menjadi senyawa penting untuk menawar racun di dalam tubuh.

  1. Mengatasi Sakit Badani dan Rohani

Untuk masyarakat Jawa, sapu sodo wulung yang berasal dari lidi daun kelapa wulung ini sangat berguna tidak hanya untuk mengobati penyakit yang menjangkiti badan, namun juga berguna untuk rohani. Sapu sodo wulung ini dipercaya bisa menangkal berbagai hal yang berbahaya secara ghoib.

  1. Berguna Sebagai Deuretik

Kandungan dari kelapa wulung juga sangat berkhasiat sebagai deuretik yakni memperlancar proses keluarnya air seni dari dalam tubuh untuk mengeluarkan berbagai racun di dalam tubuh manusia serta mencegah timbulnya masalah seperti infeksi saluran kemih. Ini bisa terjadi karena kandungan anti bakteri dan kalium tinggi dalam kelapa wulung yang akan melarutkan beberapa jenis batu ginjal sehingga lebih mudah dikeluarkan dari dalam tubuh.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Dalam kelapa wulung juga mengandung sitokini yang memiliki sifat anti penuaan akan sel serta jaringan tubuh. Ini akan menurunkan resiko berkembangnya penyakit degeneratif  serta penyakit lainnya yang berhubungan dengan usia.

  1. Mengatur Kadar Gula Darah

Asam amino yang ada di dalam degan wulung serta serat alami akan berperan penting untuk meningkatkan tingkat sensitif insulin sehingga sangat baik di konsumsi oleh penderita diabetes. Air kelapa ini juga sangat baik untuk mengurangi beberapa gejala penyakit seperti aterosklerosis atau mati rasa. Selain itu, degan wulung juga sangat penting untuk menurunkan kadar glukosa darah serta stress oksidatif dalam tubuh. Sebagai catatan, jika kamu memiliki masalah ginjal, maka hindari mengkonsumsi degan wulung ini karena tinggi akan potassium.

  1. Menyeimbangkan pH

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji atau olahan, stress, makanan pembentuk asam serta diet tinggi akan membuat tubuh menjadi lemah dan mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin serta mineral. Dalam degan wulung memiliki sifat alkalizing yang bisa membantu mengembalikan kadar pH seimbang di dalam tubuh. Ini sangat penting untuk mengatasi berbagai masalah di dalam tubuh seperti diabetes, tekanan darah tinggi, osteoporosis, arthritis serta defisiensi imun tubuh.

  1. Mengatasi Sakit Kepala

Sakit kepala dan juga migrain bisa terjadi kanrena tubuh kekurangan cairan atau dikenal dengan istilah dehidrasi. Degan wulung ini bisa kamu gunakan untuk menambah elektrolit ke dalam tubuh sehingga bisa terhidrasi dengan baik. Selain itu, degan wulung juga kaya akan kandungan magnesium, sehingga untuk orang penderita migrain dan memiliki tingkat magnesium rendah di dalam tubuh akan membantu mengurangi frekuensi serangan dari migrain tersebut.

  1. Menurunkan Berat Badan

Degan wulung juga menjadi solusi tepat dalam menurunkan berat badan sehingga bisa terlihat lebih ideal. Ini bisa terjadi karena kandungan rendah kalori dan sangat mudah di cerna dalam perutnya. Minuman nikmat menyegarkan ini juga mengandung berbagai enzim bioaktif yang akan membantu pencernaan dan metabolisme lemak. Sedangkan kandungan potassium tingginya akan menyeimbangkan kadar natrium. Sebab, jika tubuh kelebihan natrium maka akan menyebabkan retensi air sehingga sangat sulit dikeluarkan dari dalam tubuh serta menyimpan racun lebih lama di dalam tubuh.

 

Leave a Comment