• +62 81999600007

10 Jun

Direktur Urusan Agama Hindu Kementerian Agama Republik Indonesia Bapak Drs. I Wayan Budha., M.Pd memberikan pembinaan kepada Penyuluh Agama Hindu PNS dan Non PNS Provinsi Bengkulu pada Tanggal 02 Juni 2017 di Kemuning Mercusuar Hotel dan Resto Pantai Panjang Kota Bengkulu, pembinaan kepada Penyuluh Agama Hindu baik PNS maupun Non PNS merupakan salah satu program Direktorat Urusan Agama Hindu yang ada pada Subdit Penyuluhan. Pembinaan ini bertujuan untuk mempertajam keempat fungsi dari penyuluh yaitu: fungsi informative, fungsi educative, fungsi konsultatif dan fungsi advocative sebagai ujung tombak dalam pembinaan umat.
Setelah memberikan pembinaan kepada para Penyuluh Agama Hindu, Direktur Urusan Agama Hindu melanjutkan pembinaan kepada Umat Hindu di Provinsi Bengkulu khususnya di Kabupaten Seluma. Dalam pembinaan dan simakrama tersebut Direktur Urusan Agama Hindu menekankan pentingnya pendidikan bagi generasi muda Hindu. Setelah bersimakrama dengan umat Hindu, Direktur Urusan Agama Hindu didaulat untuk meresmikan Kori Agung yang baru selesai dibangun di Pura Khayangan Tunggal Tirta Sari yang beralamat di Desa Adat Tri Tirta Sari kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu.
Umat Hindu yang berada pada Desa Adat Tri Tirta Sari merupakan pendatang (Trans Swakarsa) yang mayoritas berasal dari Provinsi Lampung sekitar Tahun 1994, awalnya mereka membangun Pura masih berupa Purus Lumbung lalu pada Tahun 2000 gempa dahsyat menimpa Provinsi Bengkulu sehingga proses pembangunan Pura baru menyelesaikan Padmasana Pada Tahun 2001 dan Kori Agung pada Tahun 2017.

Leave a Comment