• +62 81999600007

12 Apr

Di Indonesia, kemiri sendiri cukup populer sebab merupakan bagian dari budaya kuliner kita. Nama kemiri di Indonesia juga cukup beragam antara lain gambiri, hambiri, kemili, kemiling, buah kareh dan masih banyak lagi lainnya. Manfaat kemiri sesungguhnya tak hanya sebatas bumbu masakan tetapi juga untuk kesehatan dan perawatan kecantikan. Kompleksitas kandungan senyawanya memang menjadikan biji kemiri cukup istimewa. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan minyak kemiri:

1. Sebagai Bumbu Dapur – Manfaat minyak kemiri digunakan sebagai penambah aroma untuk menambah sedap makanan. Asam amino yang terkandung dalam minyak kemiri seperti asam glutamate bermanfaat untuk memberikan rasa yang nikmat sehingga minyak kemiri digunakan sebagi bahan penyedap alami.

2. Mengatasi kerontokan rambut – Cara membuat ramuan minyak kemiri adalah dengan menggunakan 60 gram daun lidah buaya yang sudah dikupas, kemudian ditambahkan dengan menggunakan 30 gram daun mangkokan dan 30 gram daun waru yang masih muda dan dihaluskan. Dan setelah itu tambahkan dengan menggunakan 50 gram minyak kemiri yang masih hangat, diaduk dengan merata. Dan dioleskan pada kulit kepala rambut sampai rata. Kemudian didiamkan beberapa saat dan bilaslah dengan menggunakan air bersih.

3. Menghitamkan Rambut Secara Alami – Rambut merupakan mahkota. Siapa yang tidak ingin mempunyai rambut hitam dan berkilau. Daripada menghitamkan rambut dengan bahan kimia yang kita tidak ketahui efek sampingnya, lebih baik memakai bahan alami seperti minyak kemiri. Selain murah juga aman dan tidak menimbulkan efek samping.

4. Menyuburkan Rambut – Pemakaian minyak kemiri dapat memicu pertumbuhan rambut baru. Rambut yang subur akan membuat volume rambut lebih tebal sehingga permasalahan rambut yang tipis bisa teratasi.Caranya menggunakan 6 buah kemiri yang ditumbuk sampai halus, kemudian ditambahkan dengan menggunakan air secukupnya saja, dan dimasak sampai air rebusan tadi mengeluarkan minyak. Kemudian gosokkanlah minyak tadi pada kulit kepala dan rambut sampai merata. Lakukanlah hal ini 3 kali dalam seminggu.

5. Mengatasi Rambut Beruban – Normalnya, rambut mulai memutih pada usia 50 tahun ke atas. Namun karena berbagi faktor sudah ada yang mengalami rambut beruban pada usia muda. Cobalah memakai minyak kemiri untuk mengatasinya. Oleskan secara teratur pada pagi hari sehabis bangun dan malam hari sebelum tidur.

6. Mengatasi Kebotakan – Kebotakan adalah hal yang umum terjadi pada rambut. Hal ini dapat dipicu karena berbagai penyebab, seperti faktor genetis atau gaya hidup yang kurang sehat, dan stress atau depresi. Bagaimana pun, kebotakan adalah hal yang bisa merusak penampilan. Jika Anda tidak ingin hal ini terjadi pada Anda dan ingin mengatasinya, Anda bisa menggunakan manfaat minyak kemiri. Caranya mudah, oleskan minyak kemiri pada bagian yang mengalami kebotakan atau sekaligus pada seluruh kulit kepala, lalu pijat-pijat dengan lembut. Setelah itu, biarkan selama 15 menit dan bilas dengan bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin tiap hari dan dapatkan rambut yang tumbuh lebat dan sehat.

7. Membuat Awet Muda – Tahukah Anda bahwa dengan mengoleskan minyak kemiri pada kulit dengan melakukan pemijatan ringat secara teratur, dapat mengatasi kulit keriput. Bahkan membuat kulit menjadi lebih rileks dan terlihat muda.

8.Mencerahkan Kulit – Kemiri ternyata juga baik untuk kesehatan kulit kita. Kemiri juga bisa bermanfaat untuk memutihkan kulit karena dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Kulit yang cerah akan membuat warna kulit terlihat putih alami.

9. Menghaluskan Kulit Kusam – Selain manfaat minyak kemiri untuk kecantikan di atas, minyak kemiri juga bisa di gunakan untuk menghaluskan kulit kusam yaitu dengan cara mengoleskan ramuan dengan bahan utama minyak kemiri ke bagian kulit yang di inginkan. Ramuan tersebut terdiri dari campuran minyak kemiri, santan dan air parutan jahe. Ramuan ini sangat bermanfaat dalam mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit akan lebih sehat dan cerah.

10. Minyak kemiri dapat melindungi dari sinar UV – Sengatan sinar UVA dan UVB dapat menyebabkan jaringan kulit kita menjadi rusak dan menimbulkan banyak masalah pada kulit. Kandungan senyawa pada minyak kemiri dapat melindungi kulit kita saat beraktifitas di siang hari, sehingga anda tidak perlu khawatir akan sengatan sinar matahari pada kulit anda.

11.Minyak kemiri dapat mengencangkan kulit – Kandungan vitamin E pada minyak kemiri dapat berfungsi sebagai steroid kulit yang dapat membuat kulit anda menjadi lebih kencang dan tetap terjaga kekenyalannya.

12. Mengatasi jerawat dan flek flek hitam – Cukup dengan mengambillah sepuluh butir kemiri, kemudian haluskan dan ditambahkan dengan satu cangkir susu atau santan. Setelah kemiri dan susu tercampur rata, tambahkan satu sendok jahe yang sudah diparut. Setelah semuanya selesai olahan lulur kemiri siap untuk digunakan dan pelan – pelan dalam mengolesakannya.

13. Mencegah Pembentukan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh – Manfaat minyak kemiri juga cukup baik dalam membantu mengatasi masalah kesehatan organ dalam. Zat fitosterol yang terdapat dalam minyak kemiri dapat merusak enzim pembentuk kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh, utamanya pada organ hati.

14. Mengatasi Gangguan Pencernaan – Minyak kemiri juga berkhasiat untuk mengatasi gangguan pencernaan. Gangguan pada saluran pencernaan seperti masalah diare dan gangguan buang air besar dapat diatasi dengan kemiri. Kini banyak obat tradisional dari minyak kemiri yang bisa Anda beli di apotek atau perusahaan herbal.

15. Mengatasi Penyakit Tumor – Kemiri bermanfaat untuk mengatasi tumor karena kandungan yang ada dalam daging, daun dan akar kemiri yang berupa flavonida, saponin dan polifenol dapat membantu dalam mengatasi berbagai macam penyakit tumor.

16. Mengobati Diare – Untuk menyembuhkan diare, ambil 20 gram kulit batang kemiri yang masih segar, bersihkan kemudian ditumbuk hingga halus. Rebus dengan air 600 cc sampai airnya berkurang menjadi 300 cc, saring dan ambil airnya. Minum air hasil rebusan kulit batang pohon kemiri tersebut dua kali sehari, sekali minum sebanyak 150 cc.

17. Mengatasi Infeksi Jamur – Jamur dapat berkembang dimana saja, termasuk pada kulit tubuh anda. Infeksi jamur seperti panu memang tidak berbahaya, namun bisa menyebabkan penderitanya tidak nyaman dan bahkan minder. Cara mengatasinya dengan mengoleskan minyak kemiri pada bagian tubuh yang terinfeksi jamur. Lakukan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.

18. Mengatasi susah Tidur (Insomnia) – Minyak kemiri juga dapat membantu Anda melawan insomnia dan tidur lebih lelap. Kandungan melatonin yang terdapat di dalamnya akan membuat Anda rileks dan cepat tertidur. Hal ini baik bagi orang yang memiliki pola tidur yang tidak teratur. Tidur yang berkualitas bisa menjadi awal dari hidup sehat Anda.

19. Susah buang air besar (sembelit) – Ambil 1 buah biji kemiri, 2 siung bawang merah, 5 gram pulasari, 10 gram kayu manis, 30 gram daun urang-aring, setengah sendok teh garam, dan setengah sendok teh adas. Haluskan semua bahan lalu rebus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. Saring dan minum airnya 2 kali sehari, masing-masing sebanyak 200 cc.

20. Digigit Serangga – Anda pernah digigit serangga yang menyebabkan rasa panas dan gatal? Sebenarnya itu bisa diatasi dengan menggunakan kemiri. Ambil 2 buah kemiri dan kunyit seukuran jari kelingking. Pangganglah bahan-bahan tersebut, lalu tumbuk sampai halus. Oleskan keseluruhan bagian tubuh yang gatal akibat tergigit serangga.

21. Mengatasi BAB Berdarah – Kulit batang pohon kemiri juga dapat mengobati BAB (Buang Air Besar) berdarah. Sediakan 20 gram kulit batang kemiri. Setelah dicuci bersih, rebus bahan dengan 400 cc air hingga bersisa 200 cc. Saring airnya, lalu minum selagi hangat.

22. Obat Gosok – Minyak kemiri, seperti juga minyak kayu putih bisa digunakan sebagai obat gosok untuk menghilangkan pegal dan juga masuk angin. Caranya ya seperti menggunakan minyak gosok biasa.

23. Obat Demam pada Anak – Rebus 15 gram akar pulutan dan tambahkan beberapa tetes minya kemiri. Saring airnya, kemudian diminum selagi hangat.

24. Mengatasi Sariawan – Kemiri memang memiliki kandungan yang sangat banyak. Ekstraksi dari kemiri bisa di buat untuk obat-obat tradisional. Biji kemiri memiliki kandungan thanin yang itu sangat baik untuk membantu mengusir sariawan.

25. Mengobati Sakit Gigi – Selain sariawan, sakit gigi juga bisa diobati dengan menggunakan getah pohon kemiri. Caranya juga hampir sama. Ambil getah pohon kemiri dengan menggunakan kapas. Tempelkan pada gigi yang sakit. Biarkan selama 10 menit, kemudian buang dan ganti dengan yang baru.

26. Untuk mengatasi disentri – Cara membuat ramuan minyak kemiri untuk membantu mengatasi disentri adalah menggunakan 20 gram kulit batang kemiri yang direbus dengan menggunakan air 400 cc sampai air rebusan yang tersisa hanyalah setengahnya saja atau sekitar 200 cc. Kemudian ramuan tadi disaring dan airnya diminum selagi hangat. Diminum dengan teratur bisa membantu untuk mengatasi masalah disentri.

27. Mengobati Demam – Ambil minyak kemiri secukupnya, tambahkan 15 gram akar pulutan, lalu rebus dengan air secukupnya sampai mendidih. Saring dan minum selagi masih hangat.

28. Bahan Pembuatan Kosmetik dan Sabun – Manfaat minyak kemiri selain untuk keperluan pembuatan obat tradisional juga bisa di gunakan untuk keperluan masalah kecantikan. Manfaat minyak kemiri yang bisa menghaluskan kulit dan menghilangkan keriput membuatnya dijadikan bahan kosmetik. Sayangnya pembuatan kosmetik dengan minyak kemiri belum dijumpai di Indonesia. Tidak hanya untuk kosmetik, minyak kemiri yang baik untuk kesehatan kulit juga di jadikan bahan pembuatan sabun.

29. Bahan Bangunan Sebagai Cat dan Pernis – Bagi yang mengerti bahan-bahan bangunan tentu tahu tentang cat dan cara penggunaannya termasuk pernis untuk pewarnaan kayu. Minyak kemiri bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan cat dan pernis. Sifat yang mudah menguap membuatnya bisa dijadikan pengganti minyak linseed.

30. Sebagai Indikator Uji Kualitas Minyak – Dalam menguji kualitas minyak dengan menggunakan polarimeter memerlukan bahan baku utamanya adalah minyak kemiri. Dengan sifatnya yang mudah menguap dibanding lisnseed oil membuat minyak kemiri dijadikan variabel tetap dalam menggantikan peran linseed oil yang sering digunakan dalam cat dan pernis.

Leave a Comment