• +62 81999600007

08 Apr

Buah belimbing wuluh ternyata memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk tubuh Anda. Buah ini mengandung vitamin C, glukosid, tannin, asam format, peroksida, saponin, kalsium oksalat, sulphur, kalium, dan juga sitrat. Belimbing wuluh merupakan tanaman berkhasiat komplek untuk kesehatan disetiap bagian tanamannya karena bagian lain seperti bagian daun, batang, buah, dan bunganya bisa dijadikan sebagai bahan ramuan obat untuk menyembuhkan sejumlah penyakit. Berikut adalah manfaat belimbing wuluh yang sangat baik untuk berbagai masalah kesehatan.

1. Obat batuk

Khasiat belimbing wuluh untuk kesehatan yang pertama yaitu mengobati batuk. Buah ini bisa menjadi obat yang ampuh untuk meredakan batuk. Rasa asamnya akan menetralisir tenggorokan Anda sehingga lebih lega dan segar.

2. Mengatasi diabetes

Manfaat belimbing wuluh juga dapat mengatasi diabetes. Buah ini tidak terlalu mengadung banyak gula, bahkan cenderung asam sehingga tidak membuat kadar gula dalam darah menjadi tinggi. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari penyakit diabetes.

3. Mengobati sakit gigi

Khasiat belimbing wuluh untuk gigi dapat mengobati nyerinya saat sakit. Buah ini mengandung senyawa yang baik untuk gigi, yaitu kalsium. Selain meredakan nyeri, buah ini juga mampu menyehatkan gigi Anda. Gigi yang sehat tentunya akan membantu Anda untul lebih optimal dalam mengunyah makanan.

4. Mengatasi panu

Manfaat belimbing wuluh sebagai obat luar yaitu bisa digunakan untuk obat panu. Oleskan buah ini ke bagian kulit Anda yang terkena panu dengan rutin setiap hari. Perlahan, panu di kulit Anda akan sembuh dan menghilang. Selain dioleskan, Anda juga bisa menambah nutrisi tubuh untuk menyehatkan kulit Anda dari dalam dengan mengonsumsi buah ini.

5. Mencegah hipertensi

Khasiat belimbing wuluh selanjutnya yaitu sebagai buah yang berguna untuk mencegah hipertensi. Kandungan buah ini tidak akan membuat tekanan darah Anda menjadi tinggi, sehingga penyakit hipertensi dapat dicegah lebih dini.

6. Obat sariawan

Manfaat belimbing wulu dengan kandungan vitamin C nya yaitu sebagai obat sariawan. Sariawan merupakan infeksi pada rongga mulut yang cukup mengganggu. Dengan vitamin C pada buah ini akan meredakan sariawan Anda.

7. Mengatasi rematik

Penyakit rematik pun dapat dicegah dengan mengonsumsi buah belimbing wuluh. Jika Anda tidak menyukai rasa asamnya untuk dijadikan obat rematik, Anda bisa sedikit mengolahnya dengan dicampur dengan buah sehat lainnya.

8. Obat gondongan

Jika Anda sedang terserang penyakit gondongan, maka Anda bisa mengobatinya dengan memakan buah ini. Khasiat belimbing wuluh untuk penyakit gondongan sangatlah bermanfaat, terutama untuk meredakan peradangannya.

9. Anti oksidan

Belimbing wuluh juga dapat menjadi anti oksidan yang alami untuk menangkal radikal bebas. Efek radikal bebas yang terlalu lama cukup membahayakan tubuh dengan beberapa penyakit yang ditimbulkannya, termasuk penyakit kanker.

10. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat belimbing wuluh yang tak kalah pentingnya yaitu sebagai sumber makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tubuh yang kuat perlu daya tahan tubuh yang kuat pula agar kuat dalam menyerang berbagai serangan penyakit.

Leave a Comment