• +62 81999600007

31 Mar

Bawang Merah biasanya dipadukan dengan Bumbu dapur sebagai penyedap rasa. Bagi orang Bali, Bawang Merah dipercaya sebagai penangkal segala macam hal negatif yang mengancam diri sendiri. Biasanya bawang merah diletakkan diatas kepala bayi, payudara wanita, dan bagian yang sentral untuk penolak penyakit. kepercayaan ini masih dipercayai hingga saat ini, namun apabila kita lihat resonalitas dari mitos tersebut, ternyata bawang memiliki beberapa khasiat yang baik untuk tubuh :

  1. Kandungan senyawa sulfide pada bawang merah memang dikenal baik dalam menangkal kanker mulai dari payudara, usus, paru-paru, prostat dan lain-lain.
  2. Manfaat bawang merah lainnya adalah untuk melindungi kesehatan jantung. Bawang merah mentah memang dikenal ampuh mengontrol tekanan darah dan juga membuka pembuluh darah yang sebelumnya tersumbat.
  3. Dengan mengunyah bawang merah mentah, secara tidak langsung Anda tengah membunuh kuman sumber penyakit yang bersarang di dalam mulut Anda. Karena itu, setiap hari luangkanlah waktu mengunyah bawang merah minimal 2 menit sekali. Hal ini akan membantu memelihara kesehatan mulut dan gigi Anda.
  4. Apabila Anda atau kerabat Anda memiliki keluhan jerawat, cobalah menjus bawang merah dan tambahkan madu serta minyak zaitun ke dalamnya. Konsumsi sehari sekali dan lihatlah, jerawat Anda akan hilang dalam tempo waktu yang singkat.
  5. Jika Anda mengalami nyeri pada perut, konsumsilah jus bawang merah agar nyeri tersebut segera reda. Bawang merah mengandung senyawa yang bersifat anti-radang. Senyawa ini akan membantu meringankan sakit pada perut Anda.
  6. Manfaat bawang merah lainnya adalah untuk meyeimbangkan urin. Caranya, minumlah air rebusan bawang merah sebanyak 7 gram. Ramuan ini juga bisa membantu meredakan nyeri atau rasa panas yang muncul saat buang air kecil.
  7. Bawang merah dikenal baik untuk mereka yang terkena penyakit jantung sebab kandungannya mampu membantu penipisan darah.
  8. Manfaat bawang merah selanjutnya adalah untuk mengatasi konstipasi atau sembelit. Caranya, cukup kunyah beberapa bawang merah mentah. Lakukan hal ini hingga keluhan Anda perlahan hilang.
  9. Bawang merah juga bisa mengobati keluhan seperti masuk angin dan juga persendian yang terganggu. Caranya cukup mudah, campurkan bawang merah yang telah digerus bersama dengan minyak kelapa hangat. Gunakanlah layaknya minyak yang biasa Anda pakai mengurut. Minyak bawang merah ini juga bisa menghangatkan tubuh Anda.

Leave a Comment