• +62 81999600007

30 Mar

Sehat adalah suatu keadaan yang terbebas dari segala jenis penyakit fisik, mental, maupun sosial. Sakit adalah suatu kondisi badan atau organ dari badan yang fungsinya terganggu atau menyimpang. Setiap harinya tubuh kita sering merasakan sakit dari ringan sampai sakit yang berat, terkadang reaksi tersebut tidak kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Menyadari akan resiko dari suatu penyakit, manusia sejak dini sudah giat dalam melakukan pencegahan untuk menanganinya. Sudah banyak pengobatan medis yang tersedia bagi masyarakat luas. Dalam dunia kesehatan, bagi orang Bali yang kental akan budaya mistis, mereka masih mempercayai pengobatan secara tradisional berdasarkan kekuatan gaib.

Keberadaan Pura Tamba Waras salah satunya menjadi alternatif bagi dunia pengobatan tradisional. Pura ini terletak di Desa Sangketan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan sekitar 22 km jaraknya dari kota Tabanan. Masyarakat meyakini bahwa Pura ini berdiri sebagai petunjuk akan kebesaran Ida Shang Hyang Widi Wasa dalam mengobati para bakta yang melakukan persembahyangan ke Pura Tamba Waras. Pura ini juga disebut Pura Tambo Waras, oleh masyarakat sekitar disebut sebagai gudang farmasinya umat hindu yang berperan mengobati secara gaib. Sebenarnya letak Pura ini adalah hutan blantara, tapi sejarah menyebutkan bahwa tempat ini berkaitan dengan seorang Raja dari Tabanan.

Sekitar abad ke-12, Raja Tabanan yaitu Cokorda Tabanan menderita sakit keras dan belum ditemukan obatnya, oleh karena itu pengikut beliau mencarikan obat yang sesuai pawisik akan muncul asap sebagai tandanya. Sesampainya di hutan Batukaru, para abdi tersebut melihat asap yang muncul dari kelapa di tanah dalam rumpun bambu. Setelah mereka mendapatkan obat dan kembali, lalu obat tersebut diberikan kepada Raja, kemudian Raja tersebut sembuh kembali seperti sediakala. Oleh karena itu, di tempat tersebut dibangunlah sebuah Pura yang diberi nama Pura Tamba Waras.

Sekitar 40 jenis obat pernah dibuat di dalam pura ini, hampir semua didapat melalui petunjuk secara atau lewat kejadian-kejadian gaib dalam pura ini. Selain itu tumbuhan yang tumbuh disana juga diracik menjadi obat, bahkan madu dari lebah yang membuat sarang disana digunakan untuk membuat obat. Oleh karena itu keberadaan Pura ini sangat bermanfaat bagi khalayak umum sebagai apotik Niskala bagi orang Bali. Dengan dibangunnya Pura ini diharapkan mampu memberikan kesehatan, kebijaksanaan, Keselamatan untuk mewujudkan suatu keadaan sejahtera dalam hidup melalui pemujaan akan kebesaran Hyang Widi pada Pura Tamba Waras.

Leave a Comment